halo@ultranesia.com +6281 334 923 095
April 17, 2020 - BY Admin

Mengapa font Comis Sans jarang disukai?

Comic Sans adalah font sans-serif (tanpa kait) yang dibuat oleh Vincent Connare [1] Comic Sans - Wikipedia. Awalnya Comic Sans dibuat untuk program Microsoft Bob. Microsoft Bob adalah software yang bertujuan untuk memperkenalkan sistem operasi Microsoft pada pengguna usia muda melalui tokoh anjing bernama Rover yang berbicara dalam balon kata. 




Namun, akhirnya Microsoft Bob tidak jadi menggunakan Comic Sans sebagai font untuk balon kata Rover.

 Apa yang terjadi dengan Comic Sans? Comic Sans diluncurkan bersama Arial, Courier New, Times New Romans, dan Wingdings sebagai font bawaan Microsoft 95. 

Kemudian mimpi buruk untuk Comic Sans dimulai. Semua orang bisa menggunakannya. Font biasa yang digunakan dalam skala besar-besaran, oleh orang-orang biasa yang tidak memiliki latar belakang desain dan hanya sebagian kecil dari mereka yang memiliki selera desain yang bagus[3]. Comic Sans menjadi font yang overused dan digunakan tidak pada tempatnya. Ingat, ini font yang memiliki imej playful. Tidak seperti font-font lainnya yang lebih "aman" untuk digunakan di berbagai jenis desain. Comic Sans sudah terlanjur memiliki imej sebagai font yang digunakan oleh orang-orang biasa, bukan desainer. Saya rasa, itulah sebabnya para desainer tidak ingin menggunakan Comic Sans dalam desainnya bahkan terkesan membencinya. Sebab desainer tidak ingin karya mereka mempunyai feel "pasaran" dan dikait-kaitkan dengan desain yang "murahan".



Sumber Gambar: Know Your Meme

Menggunakan Comic Sans akan membuat saya sebagai desainer terlihat tidak punya pilihan font lain dan kurang profesional. Bukan karena Comic Sans adalah font yang jelek, namun imejnya yang jelek di kalangan desainer.

Yang tidak disarankan adalah membuat surat lamaran kerja, tanda peringatan bahaya, surat pengunduran diri, memo internal kantor yang ditandatangani atasan, surat-surat resmi lainnya menggunakan font Comic Sans.

Tapi jika Anda tetap bosan menggunakan font Comic Sans, Anda bisa menggunakan font-font untuk keperluan informal lainnya sepeti : Indie Flower, Patrick Hand, Boogaloo, dan sebagainya.

Catatan : perhatikan lisensi font saat memilih font. Jangan sampai pelanggan atau Anda sendiri dituntut saat menggunakan font free for personal use untuk desain yang dijual di Microstock atau desain kemasan.